Twitter


Follow aku yach nanti aku follow juga twitter kamu..thanks berat euy. ichuell

SEMANGAT KOMPUTER MURAH



Dunia telekomunikasi boleh boleh saja sedang hangat membicarakan tekonologi jaringan kabel 4G alias generasi keempat. Namun, Qualcomm justru mencoba semakin menyebarluaskan pemanfaatan teknologi 3G yang dirasa masih kurang optimal.
Salah satu inisiatif perusahaan itu adalah melahirkan alternatif personal computer bernama Kayak. Qualcomm memang mengutip nama perahu kecil itu. Perusahaan ini mendesain Kayak sebagai komputer murah bagi kawasan terpencil atau pasar berkembang.
Semangat Kayak akan mengingatkan kita pada Asus Eee PC 7 inci, yang lahir pada tahun lalu. Ini adalah pelopor netbook yang memang didesain khusus sebagai perangkat pengakses internet dengan sedikit fungsi komputer.
Pada perkembangannya kemudian netbook menjadi komputer seutuhnya dalam ukuran yang ringan dan kompak. Di sisi lain, perangkat pengakses Internet berkembang secara pararel pada kategorisasi bernama mobile internet devices. Tapi kayak tak bermain di kedua pasar tadi, karena ia mengambil bentuk seperti nettop, komputer desktop yang memakai prosessor intel Atom.
Tubuhnya seperti paduan antara chasing CPU mungil dan antena seperti modem 3G. Kayak akan mengandalkan chipset dual core mobile station modem (MSM) seri 7 yang mendukung konektivitas dan komputasi. Chipset ini dipakai browser dari opera Software, yang didalamnya sudah mendukung web 2.0 sepenuhnya pada resolusi desktop.
Prosesor untuk versi komersial kemungkinan akan memakai solusi Snapdragon dari Qualcomm. Ini adalah chip yang mendukung konektivitas 3G (CDMA 2000 dan WCDMA/UMTS), Wifi, Grafis 3D,Bluetooth, Internet Browsing penuh, GPS, Video definisi tinggi, dan penggunaan instan.
Snapdragon juga mendukung daya baterai sepanjang hari untuk penggunaan penuh dan standby selama sepekan serta menghasilkan perangkat yang lebih kecil, portabel dan ringan. Selain itu antar mukanya lebih intuitif, serta resolusi layarnya bisa diatur.
Kayak didesain untuk menjawab tingginya kebutuhan pasar akan komputer murah sekaligus mendukung konektivitas Internet nirkabel berkecepatan tinggi. Selama ini proyek komputer murah tak menyertakan modul koneksi internet yang mumpuni.
Prototipe Kayak sebetulnya sudah diluncurkan pada kuartal pertama tahun ini. Ia diciptakan oleh perusahaan asal Taiwan, Inventec Corp. Adapun produk untuk pasar diperkirakan diluncurkan pada tahun ini. Harganya masih belum diketahui. Just stay watch broo.. :D

0 komentar:

Copyright © 2009 - My NuBlog - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template